Skip to main content

Sumber Kerusakan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Sumber Kerusakan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor


Tabel dibawah ini menguraikan permasalahan atau kerusakan sistem kelistrikan yang umum terjadi pada sepeda motor, untuk diketahui kemungkinan penyebabnya dan menentukan jalan keluarnya atau penanganannya (solusinya).


Permasalahan
Kemungkinan Penyebab
Solusi (jalan keluar)
Terdapat selubung putih (sulfasi) pada baterai
Kapasitas cairan yang menurun telah bereaksi dan berat jenisnya (BJ) rendah atau tinggi
Isi cairan baterai sampai batas yang ditentukan dan sesuaikan B-nya
Kapasitas pengisian yang terlalu tinggi atau rendah (bila baterai tidak terpakai maka harus di charge (disetrum) minimal sebulan sekali untuk menghindari sulfasi)
Ganti (bila perlu)
Baterai tersimpan lama di tempat yang dingin
Ganti bila sudah terlalu usang
Kapasitas batera cepat menurun
Sistem/cara pengisian tidak benar
Periksa rangkaian sistem pengisian, stator, regulator/rectifier. Lakukan penyetelan sistem pengisian (bila perlu)
Plat-plat sel baterai sudah tidak aktif karena kelebihan pengisian (overcharging)
Ganti baterai dan perbaiki sistem pengisian
Terjadi korslet (short circuit) karena banyaknya endapan yang disebabkan BJ cairan (elektrolit) yang telalu tinggi
Ganti baterai
BJ elektrolit yang terlalu rendah
Strum baterai dan sesuaikan BJ-nya
Telah terjadi reaksi Pada elektrolit baterai
Ganti elektrolit lalu lakukan penyetruman dan sesuaikan BJ-nya
Baterai sudah terlalu lama
Ganti baterai
Daya kerja baterai kuran bagus (terputus-putus)
Terminal (kutub) baterai kotor
bersihkan
Cairan elektrolit tidak murn atau BJ-nya terlalu tinggi
Ganti elektrolit baterai lalu lakukan penyetruman baterai dan sesuaikan BJ-nya
Tombol (saklar) stater tidak berfungsi
Baterai lemah
Perbaiki atau ganti
Saklar (tombol) rusak
Ganti
Karbon brush (karbon sikat) habis
Ganti
Stater Relay (selenoid) rusak
Perbaiki atau ganti
Pengisian tidak stabil
Rangkaian kabel sistem pengisian ada yang longgar atau korslet
Perbaiki atau ganti
Bagian dalam generator (alternator) korslet
Ganti
Regulator/rectifier rusak
Ganti
Pengisan berlebihan (overcharging)
Rangkaian dalam baterai ada yang korslet
Ganti
Hubungan massa (ground) regulator/rectifier kurang bagus/kendor
Bersihkan dan perbaiki hubungan massa

Resistor dalam regulator/rectifier rusak
Perbaiki atau ganti bila perlu
Pengisian dibawah spesifikasi (ketentuan)
Kabel tidak terawat atau rangaian terbuka atau sambungan terminal
Perbaki atau ganti bila perlu
Kumparan stator dalam generator korslet
Ganti
Regulator/rectifier rusak
Ganti
Plat-plat sel baterai rusak atau elektrolitnya kurang
Ganti atau tambah elektoli jika hanya kurang elektrolitnya
Bunga api busi lemah atau tidak ada
CDI atau ignition coil (kumparan pengapian) rusak
Ganti

Pick up coil rusak
Ganti

Busi rusak
Ganti

Sambungan kabel sistem pengapian longgar
Perbaiki sambungan

Magnet rusak (khususnya sepeda motor 2 langkah/tak)
Ganti
Busi cepat mati karena tertutup arang
Campuran sistem bahan bakar dan udara terlalu gemuk/kaya
Perbaiki atau stel karburatot

Penyetelan putaran idle (langsam) erlalu tinggi
Perbaiki atau stel karburator
Saringan udara kotor/tersumbat
Bersihkan atau ganti bila perlu
Menggunkan jenis busi terlalu dingin
Ganti dengan jenis yang lebih panas
Mutu (kualitas) bensin jelek
Ganti
Busi terlalu panas atau hangus (elektroda terbakar)
Jenis busi yang terlalu panas
Ganti dengan jenis busi dingin

Busi kendor
Perbaiki (kencangkan)
Campuran sistem bahan bakar dan udara terlalu kurus/miskin
Perbaiki atau stel karburator
Mesin terlalu panas (overheat)
Periksa atau stel kembali
Busi cepat menjadi kotor (cepat mati)
Piston atau silinder aus
Ganti/oversize

Ring piston aus
Ganti
Kerenggangan bos klep (valve guide) dan tangkai klep (valve stem) sudah aus (terlalu longgar)

Sil oil (oli seal) valve stem  rusak/aus
Ganti



Ganti

Semoga bermanfaat wasasalam.

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun, karna komentar yang membangun dapat membuat penulis menjadi lebih baik kedepannya.

Popular posts from this blog

Pemeriksaan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Pemeriksaan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor a. Peringatan Umum  1. Baterai mengeluarkan gas-gas yang gampang meledak, jauhkn dari api dan sediakan ventilasi yang cukup pada saat mengisi baterai. 2. Hindari kulit atau kontak mata dengan cairan elektrolit baterai karena dapat menyebabkan luka bakar. 3. Selalu matikan kunci kontak sebelum memutuskan hubungan antara komponen listrik. 4. Baterai dapat rusak jika diisi kelebihan atau kekurangan, apalagi dibiarkan tidak diisi dalam jangka waktu yang lama. 5. isilah baterai setiap 2 kali seminggu untuk mencegah pembentukan sulfat, karena tegangan (voltage) baterai akan berkuran sendiri pada saat sepeda motor tidak digunakan. b. Konektor (sambungan) 1. Pada saat memasang sambungan, tekanlah sampai terdengar bunyi "klik" 2. Periksa sambungan dari kerenggangan, keretakan, kerusakan pembungkusnya, berkarat, kotoran dan uap air. c. Sekring (Fuse) 1. Jangan menggunakan

Tune Up Sepeda Motor Honda Revo Tugas Terakhir Sekolah TSM

Tune Up Sepeda Motor Honda Revo Tugas Terakhir Sekolah TSM SIAPKAN PERALATAN KERJA 1. Tool Set 2. Alat Ukur : Tune up tester, Radiator 3. Perlengkapan servis : Kompressor, air gun dan kain lap bersih. PEKERJAAN SAAT MESIN DINGIN 1. Minyak pelumas 2. Sistem pendingin 3. Sistem pengapian PEKERJAAN SAAT MESIN PANAS 1. Putaran Idle 2. Saat pengapian PENGERJAAN SETELAH MESIN DIPANASKAN 1. Celah katup 2. Kerja karburator 3. Stel putaran idle 4. Kompresi 5. Tes jalan Langkah Pembongkaran Dan Pemeriksaan Pada Bagian Mesin: A. Minyak pelumas  Alat-alat yang di gunakan  1. Tang 2. Talang/wadah tempat pembuangan oli mati 3. Corong   4. Kunci Ring 17 Langkah Pemeriksaan Minyak Pelumas/oli: 1. Tarik batang penguku, lap ujungnya dan kembali masukan 2. Tarik kembali dan periksa volume oli diantara full dan low) serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekaan oli 3. Lihat perubahan warna dan kepekaan oli. Langkah Pem