Pengerian Surat Lamaran Pekerjaan
Surat Lamaran pekerjaan adalah surat yang dikirimkan
seseorang yang sedang mencarai pekerjaan yang ditujukan kepada suatu instansi
agar mendapatkan suatu pekerjaan sesuai dengan ijazah dan lowongan dari
lembaga, mengenai posisi yang ada atau tersedia
Sumber informasi lowongan kerja bisa dieroleh dari, media
massa (surat kabar, majalah, radio, dan TV), Instansi yang bersangkutan,
lembaga pendidikan, teman atau kerabat.
Hal-hal yang harus dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan, antara lain:
a. Data pribadi pelamar, diantaranya nama lengkap, tempat
tanggal lahir, pendidikan, agam, jenis kelamin, status dan alamat,
b. Pendidikan dan Ijazah yang dimiliki (pendidikan formal
disertai ijazah dan pendidikan nonformal dari ijazah)
c. Keterampilan khusus yang dimiliki, dapat berupa serufikat
atau surat keterangan.
d.Pengalamn kerja jika sudah pernah bekerja, dan lain-lain.
Bahasa yang digunakan dalam lamaran pekerjaan harus singkat,
padat, jelas, tidak berbelit-belit dan langsung mengenai persoalannya.
Lampiran yang disertakan dalam surat lamaran pekerjaan :
a. Fotocopy ijazah.
b. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
c. Fotocopy KTP( kartu tanda penduduk)
d. Kartu kuning dari Depnaker
e. Pas Foto
f. Daftar riwayat Hidup
Lampiran diatas tidak bersifat mutlak, ada beberapa istansi
yang tidak harus memenuhi dari enam unsur itu, ada beberapa instansi yang hanya
memberikan persyaratan cukuh hanya dengan Fotocopy ijazah, pas foto, dan daftar
riwayat hidup, semua tergantung dari persyaratan yang diminta dari instansi/perusahaan,
dan ingat pelamar yang akan membuat surat lamaran pekerjaan akan menghadapi
saingan yang berat, karena jumlah lowongan terbatas, sedangkan jumlah
pelamarnya banyak.
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun, karna komentar yang membangun dapat membuat penulis menjadi lebih baik kedepannya.