Skip to main content

Tafsir At ta’wil al-Najmiyyah Ahmad bin ‘Umar Najmudin al-Kubra

 

Tafsir At ta’wil al-Najmiyyah Ahmad bin ‘Umar Najmudin al-Kubra

Najmudin al-Kubra memiliki nama lengkap al-imam al-Zahid al-Qudwah al-Muhaddist al-Syahid Shani al-Auliya Abu al-Janabi Ahmad ibn ‘Umar ibnu Muhammad Najmu al-Din Kubra al-Khawarasmi al-Khauwaqiyi. Lahir pada tahun 540 H dan wafat pada tahun 618 H di Baghdad. Najmudin dikenal sebagai pendiri tarekat kubrawiyyah yang mempengaruhi kawasan Persia, Afghanistan, India dan Cina. Pendidikannya diawali dengan mengambil ilmu hadis sedangkan dalam ilmu tasawuf pada tahun 1180 setelah tabiat dalam tarekat Suhrawardiyyah di bawah kemursyidan Syekh Ruzbihan al-Mishri. Adapaun guru-guru dari Najamudin adalah: Ibnu Hajib, Ibnu Nuqhto, Syaikh Imam al-Razi, Syaikh Imam Subki, Syaikh Imam Asy-Sya’rowi, Imam al-Qusri, Uzabihar, Ibn Asr, dan masih banyak lagi.

            Adapun karya-karya dari Najamudin al-Kubra ini adalah, Fawaih al djamal wa fawatih al-Jalal, Ushul al-Asrho, Risalat al-Haif al-Haim Min Laumat al-Laim, Sakanat al-Shalihin, Ruba’iyat at-Ta’wil an-Najmiyah fi, Tafsir al-Isyari as-Sufi. Kemudian terkait kitab yaitu at-Ta’wil an-Najmiyah fi Tafsir al-Isyari as-Sufi.

            Metode yang digunakan dalam kitab ini adalah metode tahlili karena ditafsirkan dengan susunan yang sesuai dengan tertib mushafi. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan bil ra’yi, namun bukan berarti dia tidak menggunakan riwayah dalam tafsirnya, hanya saja yang paling menonjol adalah ra’yunya. Corak dari penafsiran kitab ini adalah sufi isyari, yaitu sebuah penafsiran al-Qur’an yang berangkat dari isyarat atau petunjuk melalui ilham.

            Adapun contoh dari penafsiran ini pada surah al-ikhlas ayat1-4 yang artinya: “ (1). Katakanlah: Dia-lah Allah Yang Maha Esa. (2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (3). Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. (4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia. Tafsirannya adalah, qul: wahai pencari keesaan, dan rahasia-Nya di alam yang tersembunyi dengan lisanmu dengan kehalusan yang tersembunyi di alam yang tersembunyi.

Comments

Popular posts from this blog

Sumber Kerusakan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Sumber Kerusakan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Tabel dibawah ini menguraikan permasalahan atau kerusakan sistem kelistrikan yang umum terjadi pada sepeda motor, untuk diketahui kemungkinan penyebabnya dan menentukan jalan keluarnya atau penanganannya (solusinya). Permasalahan Kemungkinan Penyebab Solusi (jalan keluar) Terdapat selubung putih (sulfasi) pada baterai Kapasitas cairan yang menurun telah bereaksi dan berat jenisnya (BJ) rendah atau tinggi Isi cairan baterai sampai batas yang ditentukan dan sesuaikan B-nya Kapasitas pengisian yang terlalu tinggi atau rendah (bila baterai tidak terpakai maka harus di charge (disetrum) minimal sebulan sekali untuk menghindari sulfasi) Ganti (bila perlu) Baterai tersimpan lama di tempat yang dingin Ganti bila sudah terlalu usang Kapasitas batera cepat menurun Sistem/cara pengisian tidak benar Periksa rangkaian sistem pengisian,

Pemeriksaan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Pemeriksaan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor a. Peringatan Umum  1. Baterai mengeluarkan gas-gas yang gampang meledak, jauhkn dari api dan sediakan ventilasi yang cukup pada saat mengisi baterai. 2. Hindari kulit atau kontak mata dengan cairan elektrolit baterai karena dapat menyebabkan luka bakar. 3. Selalu matikan kunci kontak sebelum memutuskan hubungan antara komponen listrik. 4. Baterai dapat rusak jika diisi kelebihan atau kekurangan, apalagi dibiarkan tidak diisi dalam jangka waktu yang lama. 5. isilah baterai setiap 2 kali seminggu untuk mencegah pembentukan sulfat, karena tegangan (voltage) baterai akan berkuran sendiri pada saat sepeda motor tidak digunakan. b. Konektor (sambungan) 1. Pada saat memasang sambungan, tekanlah sampai terdengar bunyi "klik" 2. Periksa sambungan dari kerenggangan, keretakan, kerusakan pembungkusnya, berkarat, kotoran dan uap air. c. Sekring (Fuse) 1. Jangan menggunakan

Tune Up Sepeda Motor Honda Revo Tugas Terakhir Sekolah TSM

Tune Up Sepeda Motor Honda Revo Tugas Terakhir Sekolah TSM SIAPKAN PERALATAN KERJA 1. Tool Set 2. Alat Ukur : Tune up tester, Radiator 3. Perlengkapan servis : Kompressor, air gun dan kain lap bersih. PEKERJAAN SAAT MESIN DINGIN 1. Minyak pelumas 2. Sistem pendingin 3. Sistem pengapian PEKERJAAN SAAT MESIN PANAS 1. Putaran Idle 2. Saat pengapian PENGERJAAN SETELAH MESIN DIPANASKAN 1. Celah katup 2. Kerja karburator 3. Stel putaran idle 4. Kompresi 5. Tes jalan Langkah Pembongkaran Dan Pemeriksaan Pada Bagian Mesin: A. Minyak pelumas  Alat-alat yang di gunakan  1. Tang 2. Talang/wadah tempat pembuangan oli mati 3. Corong   4. Kunci Ring 17 Langkah Pemeriksaan Minyak Pelumas/oli: 1. Tarik batang penguku, lap ujungnya dan kembali masukan 2. Tarik kembali dan periksa volume oli diantara full dan low) serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekaan oli 3. Lihat perubahan warna dan kepekaan oli. Langkah Pem