Skip to main content

Tafsir Al-rahmah min al-rahman Mahmud al-Ghurab

 

Tafsir Al-rahmah min al-rahman Mahmud al-Ghurab

1. Biodata Mahmud al-Ghurab

   Beliau diberi gelar dengan al-Alim, al-Fadhil, al-Muhaqqiq, al- Ustadz, al-Syaikh, al- Jalil, dan diberi laqob dengan Abu Abdillah. Nama aslinya adalah Mahmud bin Mahmud Al-Ghurab semoga Allah melimpahkan rahmat kepadanya dunia akhirat.

Nasabnya bersambung sampai kepada cucu nabi kita Muhammad saw yaitu husain bin ali bin abi thalib semoga Allah meridhai mereka semua. Adapun ibunya bernama Fatimah binti Muhammad al-Khouli termasuk penduduk mesir. Sedangkan isterinya bernama Sana’ al-Dawaidari yang bersambung juga dengan keturunan husain. Isterinya mempunyai sebuah majelis sekaligus termasuk seorang ustazah yang mempunyai banyak murid. Mereka dikarunia enam orang anak dua laki-laki dan empat perempuan.

Dilahirkan Mahmud Ghurab di kota Thantha negeri Mesir al- Syaqiqoh pada tahun 1922 M dan tumbuh besar di rumah ayahnya yang terkenal dengan pengkader ulama dan ahli makrifat dan juga pernah menjabat sebagai ketua kejaksaan mesir. Mahmud Ghurab pernah kuliah di mesir pada fakultas kemiliteran dan menamatkan studinya pada tahun 1939 M pada umur 17 tahun, setelah menamatkan studinya beliau mengbdi dalam pergerakan militer selama 15 tahun sampai pada tahun 1954M setelah itu beliau berangkat ke Su’udiyah, dari Sau’d berangkat lagi ke Beirut, kemudian ke Syiria dan menetap di Syiria semenjak tahun 1955 sampai sekarang.

Di sana beliau menyusun karya-karyanya yang selalu dikaitkan pada kitabnya dengan nama seorang ulama besar yaitu mahyuddin Ibnu Arabi dan jadilah Mahmud Ghurab seorang guru besar di setiap kota sehingga negeri Syiria mendapat keberkahan ilmu yang di ajarkannya.

2. Karya-karya Mahmud al-Ghurab

Al-Fiqh Inda Syaikh Akbar

Al-Insan Kamil Wa Al- Quthub Al-Ghaus,

Syarah Kalimah Al-Sufiyah Wa Al- Raddu Ala Ibni Taimiah

Al-Syaikh Akbar Mahyuddin Ibnu Arabi Tarjamatu Hayatihi

Al-Khoyyal Wa Alam Barzakh Wa Al-Mitsal

Syrah Fusus Al-Hikam,

Syarah Risalatu Ruhilqudus

Al-Thoriq Ilalloh Wa Al-Syaikh Wa Al-Murid.

Ulama’ Wa Umaro’,

Tafsir Rohmah Min Al-Rahman

Al-Hadits Fi Syarhi Al-Hadits

3. Guru-guru Mahmud al-Ghurab

a. Al-‘arif billah Muhammad Shodiq al-Adwi al-Misri

b. Al-‘Arif billah Muhammad Mukhtar bin Yusuf al-syanqiti al-Madni

c. Al-‘Arif billah Syaikh Ahmad Harun al-Hajjar al-Dimyasqi

d. Al-A’rif billah Syaikh Yahya al-Sibag

4. Profil kitab tafsir Al-rahmah min Al-rahmah Mahmud al-Ghurab

a. Latar belakang penulisan

Penulisan tafsir ini berawal dari ketertarikan beliau kepada pemikiran seorang ulama besar yaitu syaikhul akbar mahyuddin Ibnu Arabi serta mempertahankan pemahaman beliau kepada al-Qur’an.

Mahmud Ghurab menjumpai keterangan Ibnu Arabi yang ter tulis dalam kitab Fusus Al-Hikam bahwa ada ayat-ayat yang di tafsirkan seperti Surat Al- Nisa`, Al-Maidah, Al A`Raf,Muhammad, Toha, Fussilat Dan Shad, juga Mahmud Ghurab menjumpai karya Ibnu Arabi yang berjudul roddu ayatil mutasyabihat ila ayatil muhkamat inilah yang melatar belakangi Mahmud Ghurab menulis tafsirnya yang ia nisbahkan kepada Ibnu Arabi dengan judul Tafsir Rahmah Min Al- Rahman Min Kalami Syaikh Ibnu Arabi.

b. Sistematika  Penafsiran Mahmud Ghurab

a) Menyebutkan latar belakang penulisan tafsir

b) Memperkenalkan pengertian al-quran dan kalamullah

c) Memperkenalkan pengertian tafsir

d). Membuat munasabah di antara ayat yang di tafsirkan

e) Menjelaskan tata bahasa sebahagian ayat yang di anggap penting

f)  Menjelaskan sebahagian ayat yang di tafsirkan.

C. Metode dan Corak Penafsiran Mahmud Ghurab

Adapun metode penafsiran yang digunakan oleh Mahmud Ghurab adalah metode tahlili, sedangkan corak penafsirannya adalah corak sufi.

Comments

Popular posts from this blog

Sumber Kerusakan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Sumber Kerusakan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Tabel dibawah ini menguraikan permasalahan atau kerusakan sistem kelistrikan yang umum terjadi pada sepeda motor, untuk diketahui kemungkinan penyebabnya dan menentukan jalan keluarnya atau penanganannya (solusinya). Permasalahan Kemungkinan Penyebab Solusi (jalan keluar) Terdapat selubung putih (sulfasi) pada baterai Kapasitas cairan yang menurun telah bereaksi dan berat jenisnya (BJ) rendah atau tinggi Isi cairan baterai sampai batas yang ditentukan dan sesuaikan B-nya Kapasitas pengisian yang terlalu tinggi atau rendah (bila baterai tidak terpakai maka harus di charge (disetrum) minimal sebulan sekali untuk menghindari sulfasi) Ganti (bila perlu) Baterai tersimpan lama di tempat yang dingin Ganti bila sudah terlalu usang Kapasitas batera cepat menurun Sistem/cara pengisian tidak benar Periksa rangkaian sistem pengisian,

Pemeriksaan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Pemeriksaan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor a. Peringatan Umum  1. Baterai mengeluarkan gas-gas yang gampang meledak, jauhkn dari api dan sediakan ventilasi yang cukup pada saat mengisi baterai. 2. Hindari kulit atau kontak mata dengan cairan elektrolit baterai karena dapat menyebabkan luka bakar. 3. Selalu matikan kunci kontak sebelum memutuskan hubungan antara komponen listrik. 4. Baterai dapat rusak jika diisi kelebihan atau kekurangan, apalagi dibiarkan tidak diisi dalam jangka waktu yang lama. 5. isilah baterai setiap 2 kali seminggu untuk mencegah pembentukan sulfat, karena tegangan (voltage) baterai akan berkuran sendiri pada saat sepeda motor tidak digunakan. b. Konektor (sambungan) 1. Pada saat memasang sambungan, tekanlah sampai terdengar bunyi "klik" 2. Periksa sambungan dari kerenggangan, keretakan, kerusakan pembungkusnya, berkarat, kotoran dan uap air. c. Sekring (Fuse) 1. Jangan menggunakan

Tune Up Sepeda Motor Honda Revo Tugas Terakhir Sekolah TSM

Tune Up Sepeda Motor Honda Revo Tugas Terakhir Sekolah TSM SIAPKAN PERALATAN KERJA 1. Tool Set 2. Alat Ukur : Tune up tester, Radiator 3. Perlengkapan servis : Kompressor, air gun dan kain lap bersih. PEKERJAAN SAAT MESIN DINGIN 1. Minyak pelumas 2. Sistem pendingin 3. Sistem pengapian PEKERJAAN SAAT MESIN PANAS 1. Putaran Idle 2. Saat pengapian PENGERJAAN SETELAH MESIN DIPANASKAN 1. Celah katup 2. Kerja karburator 3. Stel putaran idle 4. Kompresi 5. Tes jalan Langkah Pembongkaran Dan Pemeriksaan Pada Bagian Mesin: A. Minyak pelumas  Alat-alat yang di gunakan  1. Tang 2. Talang/wadah tempat pembuangan oli mati 3. Corong   4. Kunci Ring 17 Langkah Pemeriksaan Minyak Pelumas/oli: 1. Tarik batang penguku, lap ujungnya dan kembali masukan 2. Tarik kembali dan periksa volume oli diantara full dan low) serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekaan oli 3. Lihat perubahan warna dan kepekaan oli. Langkah Pem